Skema AKG Tahun 2020 - Merupakan rancangan kegiatan dan tujuan AKG yang disusun untuk mensukseskan kegiatan AKG.
Landasan Pelaksanaan AKG
Filosofi
Hakekat sebuah profesi:
- Profesi guru merupakan profesi khusus, yang memerlukan persyaratan kompetensi yang khusus pula.
- Kompetensi guru yang bersifat khusus itu memerlukan perlakuan (treatment) yang khusus pula, AKG merupakan salah satu cara untuk memberikan layanan pembinaan dan pengembangan profesi guru yang baik kepada guru.
- Penyandang profesi guru menerima penghargaan dan kesejahteraan yang bersifat khusus. Oleh karena itu, perlu ada keseimbangan antara kompetensi yang mereka miliki dengan penghargaan dan kesejahteraan yang diterimanya.
Teoritik Pedagodik
- AKG adalah penilaian kompetensi guru sebagai bahan penilaian kinerja guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya.
- Pembinaan dan pengembangan profesi guru hanya dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada pemetaan kompetensi guru.
- AKG berfungsi sebagai pemetaan kompetensi guru (pedagogik dan profesional), sebagai dasar pelaksanaan PPKB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).
- Membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi guru berupa peningkatan mutu dan kualitas yang diperoleh melalui pengujian dan pengukuran secara periodik dan tersistem.
Empirik Sosial
- Pembinaan dan pengembangan profesi guru tanpa didasari bukti-bukti empirik atas kompetensi guru, sehingga penyelenggaraan keprofesian berkelanjutan dalam bentuk pelatihan guru tidak terarah.
- Beberapa studi membuktikan bahwa AKG berdampak positif pada perbaikan kinerja dan peningkatan profesionalisme guru.
- Kepercayaan masyarakat terhadap harkat dan martabat guru semakin tinggi, dihubungkan dengan kinerja guru dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas dan mutu pendidikan.
Mengapa Harus AKG?
Ilmu pengetahuan yang terus berkembang
- Materi pembelajaran yang diajarkan di kelas akan berbeda dari waktu ke waktu.
- Perubahan kurikulum Seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kurikulum yang baru.
- Kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan-pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.
Karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi
- Mempengaruhi tingkat kedewasaan peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh pada kesiapan mereka untuk belajar
- Metode mengajar guru harus disesuaikan dengan kondisi siswa saat ini
Perkembangan teknologi menyebabkan berkembang media pembelajaran
- Penggunaan SIM untuk manajemen dan informasi serta penilaian termasuk UNBK
- Banyak tersedia media pembelajaran yang berbasis ICT, artinya seorang guru dituntut mampu menyampaikan materi pembelajaran berbasis ICT
Sistem AKG
- Sistem online, dilaksanakan di daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki ruangan yang berisi perangkat laboratorium komputer dan terhubung dalam jaringan intranet.
- Sistem offline atau manual, dilaksanakan di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki ruangan yang berisi laboratorium komputer dan tidak terhubung dalam jaringan internet.
Waktu pelaksanaan AKG:
1. Sistem Online
Pelaksanaan AKG online tahun 2020 akan berlangsung pada bulan Oktober-November secara piloting di beberapa Provinsi yang ditunjuk. Jadwal pelaksanaan AKG ditentukan bersama oleh Lokasi AKG (LAKG), Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kanwil Kementerian Agama Provinsi. Durasi pelaksanaan AKG pada masing-masing Kabupaten / Kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah LAKG dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak LAKG semakin cepat pelaksanaan AKG.
2. Sistem Offline
Waktu pelaksanaan AKG offline dilaksanakan serentak di seluruh wilayah selama 1 (satu) hari, jadwal pelaksanaan ditentukan kemudian di antara tanggal pelaksanaan AKG online atau setelah AKG online selesai.
